“Coba ada ayah…”

Meskipun musim dingin, siang-malam tetep kejar setoran, penelitian, kuliah, bikin laporan dan presentasi merupakan menu yang harus kusantap di penghujung tahun 2007. Maklum sekarang tahun terakhir aku dalam program Megister di Kyoto University.

 

Dalam kesibukan yang lumayan menyita hampir semua waktuku, ada sesuatu yang membuatku tertegun. Kata-kata anak pertamaku (5) yang melamun sambil berbicara seorang diri terdengar oleh istriku. Saat itu hampir tengah malam dan aku masih asyik di kampus, sedangkan anakku sudah pada tidur kecuali yang pertama, dia seperti melamun membayangkan sesuatu sambil tiduran di kasur. Isteriku yang sedang duduk di depan komputer membiarkan anakku menikmati lamunannya. Tiba-tiba keluarlah kata spontan meluncur dari bibir Nurfa; “ coba kalau ada ayah pasti seru… kalau dede (baca; Nadya) udah tidur, teteh (baca; Nurfa) bisa manja-manaja sama ayah…” ucapannya lirih namun sangat dalam maknanya.

 

Lama sekali aku meresapi kata-katanya, ada perasaan menyesal dalam hatiku bahwa selama ini aku telah mengabaikan kebutuhan anak-anakku. Aku selalu berfikir bahwa belajarlah fokusku di Jepang ini dan keluarga adalah prioritasku berikutnya dan hanya beres dengan memberikan uang belanja harian. Namun apa yang terjadi, sebenarnya anak-anak dan keluarga mempunyai kebutuhan lebih dari sekedar makan dan minum. Mereka haus kasih sayang dan belaian orang tua dan kebersamaan. Alih-alih memberikan waktu untuk main bersama anak-anak, aku malah sering mengancam anak-anak dengan mengatakan akan memulangkan mereka ke Indonesia kalau mereka sedang. Yah dengan cara itu mereka akan jadi anak yang “penurut” karena aku tahu bahwa mereka ingin sekali di Jepang.

(bersambung….)

Leave a Reply

